5 Ekspresi Cinta Yang Meningkatkan Kesehatan

Posted by Yoga Ailala on Wednesday, February 9, 2011

Perilaku sayang dan cinta kepada pasangan sering ditunjukkan lewat pelukan dan kecupan hangat. Percaya atau tidak, sikap sederhana itu tidak hanya menguatkan hubungan bersama pasangan, tapi juga menyehatkan jiwa dan tubuh Anda.

Seperti dikutip Idiva, sikap-sikap berikut ini akan menyehatkan hubungan dan tubuh Anda.

Memeluk
 
Memeluk pasangan adalah cara terbaik untuk membertahukan bahwa Anda merasa aman di dekatnya. Menurut Dr Jyoti Sangle, seorang psikiater di India, memeluk juga dapat menghindari stres.

"Berpelukan dapat meningkatkan hormon oksitosin yang dapat mengurangi tingkat stres," jelas Dr Jyoti.

Berpelukan juga dapat mengurangi tekanan darah Anda, sehingga melindungi dari penyakit jantung. Memeluk juga dapat memperkuat ikatan pernikahan dan mengarah ke kehidupan seks yang lebih baik.

Menggenggam tangan

Menggenggam tangan pasangan berarti Anda memberitahukan bahwa Anda peduli dengan pasangan. Menggenggam tangan pasangan juga membantu mengurangi rasa sakit. Jadi, jika pasangan mengeluh sakit kepala, genggam tangannya, berikan pelukan hangat.

"Ini merupakan tindakan sederhana yang merupakan penawar ketika Anda sedang takut atau sedih," ujar Sharita Shah, psikolog dari India.

Kecupan
 
Memberi kecupan pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur dapat memperkuat ikatan Anda dan pasangan. Berciuman dapat menurunkan tingkat hormon stres.

Dr. Jyoti menerangkan berciuman membuat harga diri lebih baik, sehingga dapat meningkatkan kepercayaan diri.

"Berciuman membuat Anda dan pasangan merasa lebih baik dengan dirinya dan ciuman sangat bermakna bagi pasangan," ungkap dr Jyoti.

Berciuman juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh, karena dapa memicu produksi antibodi yang dapat melawan bakteri asing pada tubuh.

Membelai
 
Perlikau sederhana seperti memainkan rambut pasangan, bersandar pada pundak, bergandengan tanan atau membelai punggungnya dapat membuat pasangan merasa istimewa.

"Kulit merupakan organ yang paling sensitif ketika disentuh atau dibelai. Hal ini seperti mengirim sinyal yang baik ke otak yang membuat perasaan bahagian," jelas Sharita.

Dr Jyoti juga menerangkan, bahwa membelai dapat membuat seseorang percaya pada hubungannya dan membuat orang lebih optimis. Jadi, jangan lupa untuk selalu membelainya setiap hari.

Kejutan
 
Menerima sesuatu secara tidak terduga dapat meningkatkan hormon bahagia. Jadi , Anda sudah tahu jawabannya mengapa Anda sangat senang saat menerima pesan cinta darinya atau saat ia memberi Anda bunga. Anda pun dapat memberikan kejutan pada pasangan, yang dapat membuatnya tersenyum.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment