Orang Mudah Sakit Bila Tidak Memiliki Pekerjaan

Posted by Yoga Ailala on Wednesday, February 9, 2011

Tahukah Anda bahwa Memiliki pekerjaan akan membuat Anda sehat baik fisik maupun mental? Sebuah studi mengatakan bahwa pengangguran akan lebih sering sakit daripada mereka yang memiliki pekerjaan.

Seperti yang dikutip dari Times of India, orang yang tidak memiliki pekerjaan lebih sering merasakan sakit fisik dan emosional daripada orang yang memiliki pekerjaan. Hasil penelitian tersebut didapatkan dari sebuah penelitian GEDA (Gesundheit in Deutschland Aktuell, atau Current Health in Germany) yang dilakukan pada tahun 2008-2009 oleh Robert Koch Institute.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang yang tidak memiliki pekerjaan antara usia 30 - 59 tahun umumnya sering mengalami gangguan fisik, emosional, dan fungsional. Gangguan tersebut bisa berupa gangguan tidur, sering merasa cemas, bahkan kecanduan pada zat tertentu. Akibatnya, orang yang menganggur akan lebih banyak mendapatkan perawatan kesehatan.

Kosekuensi kesehatan ini diakibatkan oleh tidak adanya penghasilan, kehilangan kontak sosial di tempat kerja atau kehilangan reputasi sosial. Namun, pengangguran yang selalu mendapatkan dukungan dari pasangan, keluarga dan teman lebih sedikit mengalami masalah kesehatan fisik dan mental ini.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment