3 Minuman yang Mengenyangkan

Posted by Unknown on Friday, June 24, 2011

Ingin mengurangi kalori dalam rangka menurunkan berat badan? Anda bisa mencoba mengonsumsi tiga jenis cairan ini: susu rendah lemak, air putih, dan minyak zaitun. Menurut penelitian, tiga cairan ini mampu membuat Anda lebih kenyang, sehingga mengurangi asupan kalori dan mencegah berat badan naik. Simak cara kerjanya.

1. Susu rendah lemak. Orang yang minum sekitar 600 ml susu rendah lemak saat sarapan biasanya akan mengonsumsi makan siang jauh lebih sedikit, dibandingkan mereka yang minum jus buah saat makan pagi. Menurut para peneliti, protein dalam susu rendah lemak -terdapat di air dadihnya dan kasein- cukup membuat susu tersebut mengenyangkan.

2. Air putih. Sudah banyak penelitian yang menyatakan bahwa orang yang minum cukup air akan merasa lebih kenyang dan akan mengonsumsi jauh lebih sedikit kalori sepanjang hari, dibandingkan dengan orang yang tidak minum cukup air. Orang yang rajin minum air juga cenderung tidak ingin minum minuman manis seperti soda, minuman kopi yang mengandung kalori tinggi, dan sport drinks. Bila Anda minum sekitar 475 ml air setiap sebelum makan, Anda juga akan lebih mudah dan lebih cepat menurunkan berat badan.

3. Minyak zaitun. Cairan yang serbaguna ini biasanya dipakai untuk membuat salad menjadi lebih lezat. Lebih dari itu, minyak zaitun diperkaya dengan asam oleat, senyawa yang bisa memenuhi rasa kenyang Anda. Asam yang termasuk lemak tak jenuh tunggal ini mendorong usus kecil membuat substansi mirip lemak yang mengirimkan sinyal rasa kenyang dari perut ke otak. Makanan lain yang mengandung asam oleat yang tinggi antara lain biji bunga matahari, minyak kanola, kacang almon, dan alpukat.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment