Jembatan Laut Terpanjang di Dunia

Posted by Yoga Ailala on Friday, July 1, 2011

Jiaozhou Bay, Jembatan Laut Terpanjang di Dunia – Berita Unik, China telah berhasil menggeser Amerika setelah membangun jembatan terpanjang di dunia yang jauh lebih panjang dari jembatan yang ada di Amerika. China baru saja membuka jembatan terpanjang di dunia yang melintasi laut yang diberi nama Jiaozhou Bay dengan jarak sepanjang 42 kilometer. Jembatan tersebut telah menghubungkan antara kota pelabuhan Qingdao dengan pulau Huangdao.

Jembatan dengan lebar 35 meter itu dibangun dengan biaya hingga di atas US$1,5 miliar atau sekitar Rp.12,8 triliun. jembatan itu berhasil lolos penilaian konstruksi pada Senin, 27 Juni lalu. Jembatan dan juga terowongan bawah tanah segera dibuka untuk lalu-lintas kendaraan, sehari setelahnya.

Untuk dapat berdiri, Jiaozhou Bay ditopang oleh lebih dari 5.000 pilar. Adapun pengerjaan jembatan tersebut baru dapat dituntaskan setelah 4 tahun pembangunan. Menurut catatan Guinness World Records, pemegang rekor sebelumnya untuk kategori jembatan di atas perairan adalah Lake Pontchartrain Causeway di Louisiana, Amerika Serikat. Dibandingkan dengan jembatan tersebut, jembatan yang baru diresmikan di China ini 4 kilometer lebih panjang.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment