Ngemil Bisa Atasi Insomnia

Posted by Yoga Ailala on Wednesday, July 20, 2011

Mengalami kesulitan tidur akhir-akhir ini? Terlalu letih dan pekerjaan yang bertumpuk dan mengganggu pikiran bisa jadi penyebabnya. Dengan cara sederhana gangguan tidur ini bisa diatasi dengan mudah.

Badan yang sangat lelah bisa membuat kita sulit tidur lebih cepat. Beban pekerjaan yang berat juga bisa jadi pemicu sulit tidur atau insomnia. Untuk mengatasi gangguan tidur ini, Anda bisa mulai memilih -milih jenis makanan secara cermat. Karena beberapa jenis makanan menjadi pemicu sulit tidur, seperti makanan dan minuman berikut ini:

Minuman Beralkohol
Beberapa penelitian memang menjelaskan kalau minuman beralkohol seperti wine bisa mengatasi masalah sulit tidur. Tapi jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat, bisa membantu mengatasi insomnia. Anda bisa minum wine beberapa jam sebelum tidur , atau mencampur pada masakan. Apabila jumlahnya berlebihan, justru akan membuat otak Anda selalu dalam kondisi siaga.

Batasi Kafein
Sudah bukan rahasia lagi, kalau kafein sangat mempengaruhi kualitas tidur. Jika Anda tidak bisa menghentikan kebiasaan minum kopi setiap hari, ada baiknya kurangi jumlahnya. Minumlah kopi di pagi hari saja agar di malam hari pengaruh kafein sudah tidak terlalu terasa. Perlu diingat, sumber kafein tidak hanya dari kopi saja. Teh dan dark chocolate juga mengandung kafein yang jumlahnya sama dengan satu cangkir kopi.

Ngemil Sebelum Tidur
Perut yang lapar bisa jadi sumber masalah sulit tidur. Karena itu, pilihlah makanan yang mengenyangkan namun tinggi serat seperti apel atau biskuit gandum. Cukup karbohidrat sebelum tidur memicu hormon serotonin dalam tubuh sehingga membuat Anda mengantuk.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment