5 Ide Menjamu Relasi Bisnis

Posted by Yoga Ailala on Tuesday, November 9, 2010

Di kantor, seringkali kita menerima tamu perusahaan dari luar kota atau luar negeri. Entah itu tamu dari supporting unit perusahaan kita, atau mitra bisnis yang sedang menjajaki kemungkinan untuk terus menjalin kerjasama.

Penting bagi Anda sebagai tuan rumah untuk membuat para tamu termotivasi untuk bekerjasama dengan perusahaan Anda. Semakin termotivasi dan terinspirasi klien Anda untuk bekerjasama dengan Anda, mereka cenderung akan tetap setia pada perusahaan Anda. Kesetiaan ini tak hanya memastikan bahwa mereka masih akan berbisnis dengan Anda, tetapi juga mendukung pengiriman pesan Anda secara efektif ke perusahaan lain, mendorong bisnis di masa depan tanpa Anda harus bersusah-payah menciptakannya, atau mengeluarkan biaya pemasaran terlalu besar.

Salah satu cara untuk membuat klien selalu termotivasi adalah dengan menjamu atau meng-entertain mereka. Cara yang umum digunakan adalah menjamu mereka bersantap hidangan khas kota Anda, mengunjungi tempat-tempat hangout, atau main golf atau tenis untuk atasan Anda.

Namun sebenarnya, tidak ada aturan mengenai jenis kegiatan yang boleh dilakukan untuk klien atau relasi bisnis. Masih banyak cara lain yang bisa Anda gunakan untuk menjamu atau menghibur mereka. Di bawah ini adalah Ide Menjamu Relasi Bisnis di antaranya:

Undang chef untuk private dining di rumah atasan
Pernah nonton acara Take Home Chef yang mengetengahkan Curtis Stone, juru masak yang khusus datang untuk memasak hidangan istimewa untuk seseorang yang baru ditemuinya di supermarket atau di toko? Di Jakarta, mengundang chef untuk private fine dining di rumah seperti ini sudah mulai populer. Salah satu private chef yang sedang banyak dicari saat ini adalah Adhika Maxi.

Anda bisa meminta chef untuk mengolah hidangan dari negara asal tamu Anda dan hidangan Indonesia, menjadi suatu hidangan fusion yang baru. Chef biasanya juga memiliki pengetahuan sejarah mengenai hidangan khas suatu negara, sehingga Anda dan tamu Anda akan makin mengenal satu sama lain.

"Cara seperti ini bisa menjadi cara untuk membangun ikatan dan menginspirasi pembicaraan," kata Andy Abramson, CEO Comunicano, agensi komunikasi di Del Mar, California.

Mengirimkan minuman dan snack
Menjamu relasi tidak hanya bisa dilakukan ketika relasi mengunjungi kantor Anda, atau hanya untuk pimpinan perusahaan saja. Anda juga bisa mengirimkan snack untuk seluruh stafnya, misalnya kopi dan donat atau pizza untuk cemilan sore hari. "Itu momen yang menyenangkan, yang pasti akan diingat dan dibicarakan orang," ungkap Laurie Andrews, chief operating officer di firma public relations Cotton & Co.

Nonton pertandingan olahraga
Bila tamu perusahaan berkunjung ke kota Anda selama beberapa hari atau beberapa minggu, dan saat itu sedang berlangsung suatu kejuaraan olahraga bertaraf nasional atau internasional, Anda bisa mengundangnya untuk nonton bersama. Tentu, Anda harus memastikan ia menyukai jenis tontonan olahraganya. Atau, ajak ia untuk melakukan olahraga bersama seperti bersepeda atau belajar belly dancing. Intinya adalah, kegiatan fisik yang membuatnya excited. Ikatan yang terjadi selama aktivitas fisik juga bisa sangat kuat. 

Membuat konser amal
Undang seorang klien untuk menghadiri acara amal yang didukung oleh perusahaan Anda. Jamuan makan untuk mengumpulkan dana biasanya memberikan kesempatan bonding time yang berkualitas. "Hal ini menjadi cara yang baik bagi klien Anda untuk melihat sisi lain dari kehidupan dan passion Anda," jelas Jason Sherman, presiden Sherman, sebuah agensi pemasaran di Chicago.

Kenalkan dengan pemilik bisnis terkenal
Anda bisa menghidupkan acara makan-makan dengan memperkenalkan tamu Anda pada pemilik restoran atau coffee shop yang sedang Anda kunjungi. Atau, hadirkan seorang MC terkenal yang dikaguminya untuk memandu acara jamuan makan.
"Mengundang pemilik restoran untuk datang, dan memilihkan hidangan atau wine untuk tamu Anda, akan selalu dikenang," papar Michael Bociurkiw, pendiri Mysavvytraveler.com dan vice president pengembangan bisnis di HUM News, sebuah kantor berita internasional. "Tempat yang Anda pilih juga akan menggambarkan bagaimaan kepribadian Anda pada klien, dan menunjukkan reputasi atau citra baik perusahaan Anda."

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment